Saturday, April 11, 2015

[Pomade Review] Tampan Barbershop Pomade YK Medium hold ( 1st Batch)


hello jumpa lagi  :) , saya mendapat kiriman via paket pos dari Tampan barbershop, barbershop yang terletak di daerah Playen, gunung kidul , Yogyakarta ini di gawangi oleh mas Rendra Kusuma Wardani. Beliau sebagai Owner/Barberman/ Pomade Brewer di Tampan Barbershop...ya bisa dibilang beliau adalah single fighter . salute !

dan kali ini saya akan mereview Pomade kiriman mas Rendra yang varian Medium Hold.
here we go....
Tampan barber pomade

* First Thing first

pomade varian medium batch awal dari Tampan Barbershop ini berwadahkan plastik putih dan label sticker dominasi warna kuning , bertuliskan "Pelumas Rambut Tampan Pomade Medium Hold" dengan typografi yg cukup sederhana namun apik di tambah lagi dengan logo Bandito Mustache, memberikan kesan pomade ini khas buatan sebuah barbershop.


dengan berbahan dasar : Minyak kelapa, Lilin lebah, Minyak zaitun, Minyak aroma. saya menduga pomade ini adalah full organic.
dengan berat kurang lebih 80 gram.

Teksturnya Creamy



* First Impression & Scent

saat membuka tutup pomade ini warna dasar dari pomade ini sangatlah natural, berwana putih gading, seperti warna natural beeswax, tanpa ada tambahan pewarna seperti layaknya pomade lain.

saat penciuman, aromanya di hidung saya menangkap aroma Green tea dan sedikit aroma raw (mentah) di akhir penciuman, jujur saya kurang begitu suka dengan scentnya.
karena ada aroma raw material dan mungkin brewer kurang menambahkan minyak aromanya.

* Scooping, Texture, dan Apply

Scooping / pencolekan tidak terlalu begitu susah, namun sudah menjadi kebiasaan saya untuk scoop pomade menggunakan kuku jadi bukanlah hal yg susah,

tekstur nya menurut saya creamy, cepat mencair.. jadi saat perataan ditangan sangatlah mudah, langsung lumer.
aplikasi dirambut juga sangat mudah, tidak ada perlawanan yg berarti,
penyisiran juga mudah tidak ada jambakan,

* Hold, Shine, Performance

menurut saya hold pomade ini memang murni medium, kemilau yg tidak terlalu terlihat basah dan masih dalam taraf kondisi wajar

performa kegiatan saya lebih banyak indoor namun sesekali outdoor, saya sempat membuat Pomp memakai pomade ini, dalam kondisi indoor outdoor hanya mampu menahan selama +/- 1,5 jam mungkin terpengaruh cuaca teriknya matahari kemudian saya recomb ulang ke gaya contour undercut, hasilnya tidak terlalu mengecewakan, khas medium hold alias cukupan.


* Degrease

seperti biasanya degrease saya memakai hair cream gatsby thc dan shampoo, sebuah ritual yang wajar untuk degrease.

*Conclusion

HOLD    : 2,7 / 5
SHINE   : 3 / 5
SCENT  : 3 / 5
APPLY   : 4 / 5

ini berdasarkan pengalaman saya, beda rambut, juga beda hasil, rambut saya bertipe lurus tebal, 

jujur saya kurang begitu suka dengan aroma pomade ini, masih ada bau raw material (bau material mentah), 
dari bahan yang digunakan , saya menduga pomade ini adalah pomade organik, karena saya melihat dari segi visual awal, teksturnya khas non petrol, keras di permukaan namun lembut saat perataan dan dari segi scent memang masih tercium samar -samar bau khas beeswax.,. dan setelah saya kroscek ke brewernya memang benar pomade ini full organic ,
ya.. setidaknya dugaan saya soal organic terjawab sudah, jadi pomade ini sangat aman karena memakai bahan natural.
dan bisa dibilang pomade organic yg cukup murah dengan kisaran harga 35rb rupiah. 

Saran buat brewer :

ganti wadah ke almunium, mungkin akan menambah cost produksi, namun melihat dari bahan baku pomadenya memang harus menaikan harga jual dengan memberi pengertian kepada calon buyer.

dari segi bahan baku & scent alangkah baiknya menambahkan tocopherol untuk menetralisir bau raw materialnya, atau mengganti scentnya dengan menambahkan lebih komposisi essential oil.

NB :

Brewernya menghubungi saya via whatsapp Tampan pomade akan merubah nama produknya, mengganti kemasan ke kemasan kaleng, dan akan mengganti aroma.

wow nice movement bro ! keep it up !


sekian review dari saya.

#SlickHairSyndicate #LocalMovement #LokalBergerak

No comments:

Post a Comment